MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB ATAU KELILING KELOMPOK
Model
Pembelajaran Round Club Atau Keliling Kelompok adalah kegiatan pembelajaran
dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu mengkontruksi konsep.
Menyelesaikan persoalan atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar
kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4-5
orang, siswa heterogen (kemampuan gender, karakter) ada control dan fasilitasi,
serta meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.
Model
pembelajaran ini dimaksudkan agar masing-masing anggota kelompok mendapat serta
pemikiran anggota lain.
v Kelebihan Round Club Atau Keliling
Kelompok
1) Adanya tanggung
jawab setiap kelompok
2) Adanya pemberian
sumbnagan ide pada kelompoknya
3) Lebih dari sekedar
belajar kelompok
4) Bisa saling
mendengarkan dan mengutarakan pendapat, pandangan serta hasil pemikiran
5) Hasil pemikiran
beberapa kepala lebih kaya dari pada satu kepala
6) Dapat membina dan
memperkaya emosional
v Kekurangan Round Club Atau Keliling
Kelompok
1) Banyak waktu
yang terbuang dalam pembelajaran keliling kelompok
2) Suasana kelas
menjadi rebut
3) Tidak dapat
diterapkan pada mata pelajaran yang memerlukan pengayaan
v Langkah-langkah pembelajaran
1) Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompotensi dasar
2) Guru membagi siswa
menjadi kelompok
3) Guru memberikan
tugas atau lembar kerja
4) Salah satu siswa
dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikiran
mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
5) Siswa berikutnya
juga ikut memberikan kontribusinya
6) Demikian seterusnya
giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jamk atau dari kiri ke
kanan
v unsur-unsur yang perlu diperhatikan
1) Setiap kelompok
mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka
2) Ketika suatu
kelompok mempresentasikan hasil dari deskripsinya, maka kelompok lain lebih
bertanya dari hasil deskripsi materinya
3) Setelah selesai
dari kelompok yang satu maka yang lainnya atau kelompok selanjutnya yang
mempresentasikan dan yang alinnya bisa mengajukan pandangan dan pemikiran
anggota lainnya
4) Kegiatan tersebut
terus-menerus sampai kelompok yang terakhir yang silaksanakan arah perputaran
jarum jam
Contoh RPP model pembelajaran ini :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP)
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA )
Tema
: Perubahan Sifat Benda
Kelas/Semester
: V/II
Alokasi Waktu
: 2 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Mengenal berbagai macam
perubahan sifat-sifat benda
B. Kompotensi Dasar
Mengetahui perubahan
sifat ada yang dapat kembali dan ada yang tidak dapat kembali ke wujud semula.
C. Indikator
1. Menjelaskan
perubahan sifat benda dan factor-faktor yang mempengaruhinya
2. Mengetahui
sifat-sifat benda
3. Menjelaskan
macam –macam perubahan sifat benda
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengetahui perubahan sifat benda dan factor-faktor yang
mempengaruhinya
- Siswa dapat mengetahui sifat-sifat benda
- Siswa dapat mengetahui macam-macam perubahan sifat benda.
E. Materi Pokok
Perubahan sifat-sifat
benda
F. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demosntrasi
- Tugas kelompok
- Evaluasi
G. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Sumber
1.Buku IPA saling Temas, kelas 5, Penerbit Intan
Pariwara
2.Buku Sains IPA, kelas 5, Penerbit Erlangga
b. Media Pembelajaran
Bahan-bahan buat
percobaan seperti :
1. Tanah
liat
6. Buah
2. Batu
bara
7. Paku
3. Kertas
8. Air
4. Korek
api
9. Gula
5. Lilin
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal ( ± 5 menit )
a. Guru
memberi salam, berdo’a, menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.
b. Guru dan siswa
menyiapkan materi atau bahan pelajaran
c. Guru
memberitahukan indicator dan tujuan yang akan di capai setelah pembelajaran
d. Guru melakukan
apersepsi dengan cara tanya jawab
2. Kegiatan Inti (± 60 menit )
a. Guru
menjelaskan materi pelajaran
b. Guru memberikan
contoh bagaimana perubahan sifat benda tersebut
c. Guru
menjelaskan sifat-sifat benda seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan
bau
d. Guru menjelaskan
factor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat benda
e. Guru
mendemostrasikan bagaimana penyebab perubahan sifat benda itu dapat
terjadi
f. Guru
menjelaskan dan mendemostrasikan macam-macam perubahan sifat benda
g. Guru mengajukan
beberapa pertanyaan kepada siswa secara lisan
h. Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok
i. Siswa
disuruh untuk mengisi table-tabel yang ada di buku paket hal.71 dan 74 dan
menyalinnya di buku tugas.
j. Siswa
disuruh memberikan pandangan dan pemikiran mengenai tugas yang sedang mereka
kerjakan
k. Siswa dalam
kelompok lain juga disuruh ikut memberikan kontribusinya dan dilaksanakan
searah dengan perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan.
- Kegiatan akhir (± 5 menit )
a. Guru
memberikan motivasi dan penguatan
b. Guru dan siswa
bersama-sama menyimpulkan tentang materi yang dipelajarinya.
c. Guru
melakukan evaluasi dengan memberikan soal-soal untuk PR
d. Guru menutup
pelajaran
I. Penilaian
Penilaian dilakukan dengan tes dan tulisan
- Tes lisan : - ketepatan jawaban
- keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
Bentuk tes : Tanya jawab
- Tes tertulis : - tugas kelompok
- evaluasi
Bentuk istrumen : tes isian
J. Evaluasi
SOAL :
1. Proses perubahan dari cair ke padat disebut ?
a. memhuap
b. membeku
c. menyublim
d. mencair
e. mengembun
No comments:
Post a Comment